Cara Membuat SKCK Mabes Polri Terpercaya Di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Dilihat : 2 kali Beli

Cara Membuat SKCK Mabes Polri: Panduan Lengkap dan Mudah

Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah surat yang membuktikan seseorang tidak pernah melakukan tindak kejahatan.  Surat Catatan Kepolisian sering diperlukan dalam berbagai hal administratif, seperti melamar pekerjaan, mengurus visa, atau syarat administratif lainnya.  Anda dapat membuat SKCK di kantor polisi terdekat, termasuk di Markas Kepolisian RI.  Di dalam artikel ini, disampaikan cara mengurus SKCK di Mabes Polri dari awal hingga akhir.

1. Dokumen yang Esensial

Sebelum menuju ke Mabes Polri atau kantor polisi, pastikan dokumen pengajuan SKCK sudah siap.  Berikut adalah dokumen yang umum tersedia:

1.Identitas Penduduk (KTP): Pastikan KTP yang Anda bawa tidak kedaluwarsa.

2. Keterangan Lahir atau Surat Akta Kelahiran: Untuk yang belum memiliki KTP, akta kelahiran menjadi identitas pengganti.

3. Foto identitas terbaru: Umumnya dua lembar foto berwarna ukuran 4x6 cm atau sesuai dengan ketentuan Mabes Polri.

4. Surat Warga dari RT/RW: Beberapa lokasi memerlukan surat warga dari RT atau RW sebagai syarat tambahan.

5. Surat Keterangan Tempat Berdomisili (jika alamat di KTP tidak sesuai dengan tempat tinggal Anda).

Periksa kembali apakah semua dokumen sudah lengkap agar proses SKCK lancar.

2. Mengisi Formulir untuk Pengajuan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Setelah memastikan dokumen lengkap, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan SKCK. Di Markas Besar Polri, formulir dapat ditemukan di loket atau melalui unduhan di situs web Polri. Formulir ini akan mencantumkan data diri yang mencakup nama, alamat, tempat lahir, pekerjaan, serta tujuan SKCK.

3. Melakukan Tes Identitas Biometrik

Setelah pengisian formulir, Anda akan diminta untuk memeriksa data biometrik.  Proses identifikasi ini mencakup pemindai sidik jari dan foto wajah yang akan dicatat dalam database Polri.  Melakukan Pencocokan Data Biometrik. Menunggu proses pengolahan verifikasi dan pengeluaran Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

4. Menunggu kelengkapan verifikasi dan penerbitan SKCK

Setelah pengecekan biometrik selesai, petugas akan menilai data Anda dan memverifikasi catatan kriminal yang tercatat dalam database Polri.  Waktu yang diperlukan untuk proses ini bervariasi, antara beberapa jam hingga satu hari kerja, tergantung pada pemohon.

Jika tidak ada masalah dengan informasi yang Anda berikan, SKCK akan segera diterbitkan dan siap diambil. Anda dapat kembali ke Mabes Polri atau tempat pembuatan SKCK untuk menerima dokumen itu.

5. Proses pengajuan SKCK

Setelah SKCK selesai diproses, Anda akan menerima surat keterangan catatan kepolisian yang sudah sah secara administratif..  SKCK dari Mabes Polri berlaku selama 6 bulan sejak tanggal diterbitkan, pada umumnya.  Apabila Anda memerlukan SKCK di masa depan, Anda perlu mengajukan permohonan baru.

6. Cara Pengajuan SKCK Secara Elektronik

Mabes Polri menawarkan cara praktis untuk mengajukan SKCK melalui jalur online.  Melalui platform Polri, Anda dapat mengisi form permohonan SKCK dan mengunggah dokumen yang relevan. Pengajuan secara online lebih praktis, namun kehadiran Anda di kantor polisi tetap diperlukan untuk verifikasi dan pemeriksaan biometrik.

Penutupan analisis

Mengurus SKCK di Mabes Polri tidak merepotkan jika Anda sudah menyiapkan semua dokumen dan mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan.  Anda harus menjalani proses dari persiapan dokumen hingga tes biometrik sebagai rangkaian langkah yang harus diselesaikan.  Pastikan untuk mengunjungi situs resmi Polri untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai persyaratan pengajuan. Ikuti tahapan ini dan Anda akan mendapatkan SKCK dengan lancar dan cepat.


Tag :

Cara Membuat SKCK Mabes Polri Terpercaya Di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya